Selasa, 13 Januari 2015

Waspada Keputihan

Kemandulan merupakan hal yang sangat menakutkan bagi setiap wanita. Setiap pasangan suami istri yang sangat mengharapkan kehadiran seorang anak dalam kehidupan rumah tangga mereka terkadang dihadapkan dengan permasalahan sulitnya hamil. Kehamilan merupakan pengalaman menakjubkan yang dirasakan oleh pasangan suami istri, terutama calon bunda. Keputihan harus diwaspadai karena dapat menjadi penyebab dari kemandulan. Hampir setiap wanita mungkin pernah mengalami keputihan. Banyak penyebab keputihan yang harus diketahui oleh para wanita, karena ada keputihan yang berbahaya dan yang tidak, ada yang disertai rasa gatal dan tidak. Keputihan dapat diakibatkan oleh respon tubuh yang normal dan ada keputihan yang diakibatkan faktor-faktor lainnya. Bagaimana cara mengetahui keputihan yang berbahaya bagi kesehatan organ refroduksi? Apa pengaruhnya terhadap kehamilan? Sementara banyak pasangan suami istri tentu ingin cepat hamil dan segera memiliki momongan.

Sebenarnya keputihan (fluor albus) merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disertai rasa gatal pada vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar biasanya disebabkan infeksi. Keputihan bisa disebabkan jamur, virus, bakteri, dan parasit sehingga mengakibatkan infeksi. Infeksi tersebut bisa menjalar ke saluran kencing sehingga menimbulkan rasa perih ketika buang air kecil.

Gejala umum keputihan yang perlu diketahui para wanita antara lain: pada penderita tertentu terkadang disertai rasa gatal, keluar cairan berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan encer atau kental bahkan berbusa dari saluran vagina. Cairan keputihan sebagian besar berasal dari leher rahim di samping ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi. Banyak orang awan kurang mengetahui apakah keputihan yang dialaminya termasuk normal atau tidak. Keputihan yang normal biasanya tidak disertai rasa gatal. Pada sebagian wanita yang mengalami keputihan baik cairannya encer, kental atau berbusa masih merupakan gejala normal apabila terjadi sebelum atau sesudah haid. Tidak jarang keputihan juga disebabkan kelelahan atau daya tahan tubuh menurun (lemah).

Tidak ada komentar: